Selasa, 11 November 2014

LKS SEL SARAF



LEMBAR KERJA SISWA
MENGAMATI BENTUK BAGIAN SEL SYARAF
Alat dan bahan
1.      alat tulis
2.      gambar sel syaraf
Cara kerja
Amati dan Tuliskan nama dan fungsi masing-masing bagian yang telah diberi label !!
1.       Jelaskan fungsi sel syaraf asosiasi / penghubung !
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.       Jelaskan fungsi sel syaraf sensorik !
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.       Jelaskan fungsi sel syaraf motorik !
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................












Kunci LKS pertemuan ke 1
1.       Badan sel (motorik)                        6. Akson
2.       Akson                                                   7. Reseptor
3.       Dendrit                                                 8. Akson
4.       Nodus ranvier                                   9. Badan sel ( sensorik )
5.       Selubung mielin                                                10. Badan sel ( penghubung)
Uraian
1.       Menerima dan meneruskan rangsangan dari sel syaraf sensorik ke se syaraf motorik.
2.       Menerima rangsangan dari seseptor / indra
3.       Menerima rangsangan dari sel syaraf  yang lain
Kunci LKS pertemuan ke 2
1.       A. Gerak sadar
B. gerak reflek
2.       A. Rangsang àReseptor àSaraf sensorik à Otak àSaraf motorik àEfektor àGerakan
B. Rangsang àReseptor àSaraf sensorik à sumsum tulang belakang àSaraf motorik àEfektor àGerakan
3.     Kesimpulan : dari kegiatan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa didalam kehiduan, kita banyak melakukan gerakan gerakan. Baik gerakan sadar mupun herak reflek. pada gerak sadar terjadi karena implus yang menyebabkan gerakan disampaikan melalui jalan yang panjang dan melewati otak, sedangkan pada gerak reflek terjadi karena implus yang menyebakan gerakan sidampaikan melalui jalan yang sangat singkat dan tidak melewati otak.

























LEMBAR KERJA SISWA
GERAK REFLEKS DAN GERAK SADAR
Tujuan : Untuk mengetahui dan memepelajari gerak reflek dan gerak sadar
Alat dan Bahan
o   Palu karet
o   Bola
Cara kerja
A
Mintalah temanmu melakukan gerakan seperti gambar disamping. Amati gerakan temanmu tersebut dan tanyakan pada temanmu gerakannya disengaja atau tidak. Berikan alasannya !

B
Minta temanmu duduk dikursi, kemudian pukul lututnya dengan palu karet. Lakukan dengan hati – hati ! amati gerakan temanmu tersebut setelah dipkul, lalu tanyakan gerakan tersebut disengaja atau tidak. Berikan alasannya !


Analisis dan diskusi
1.       Dari hasil kegiatanmu ( gambar A dan B)  gerakan yang dilakukan oleh temanmu termasuk gerakan apa ?
2.       Bagaimana perjalanan impuls pada gerakan tersebut hingga sampai efektor
3.       Buat keimpulan dari kegiatanmu dikelas.


1.       A. ......................................................................................................................................................................................................................................................
B.
......................................................................................................................................................................................................................................................
2.       A.






























 



B.




3.       ...................................................................................................................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................................................................................................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar