RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IX E/ Ganjil
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Hari / tanggal : Rabu, 29 Oktober 2014
Pengajar :
NURHARYANTI
A.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi
dan alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
1.3.2 Mendeskripsikan fungsi otak,
fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam koordinasi.
|
B. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Melalui kegiatan pengamatan peserta
didik dapat menjelaskan susunan sistm saraf.
2. Melalui keiatan pengamatan peserta
didik dapat menyebutkan sistem saraf pusat.
3. Peserta didik dapat menjelaskan
fungsi dan bagian – bagian saraf pusat.
Pertemuan kedua
1. Melalui keiatan pengamatan peserta
didik dapat menyebutkan sistem saraf tepi.
2. Melalui keiatan pengamatan peserta
didik dapat memahami fungsi dan bagian – bagian saraf tepi.
3. Melalui keiatan pengamatan peserta
didik dapat memahami bagian dan fungsi sistem saraf tepi dan hormon.
C.
Materi
pembelajaran
1. Susunan sistem saraf.
Sistem saraf tersusun atas sekumpulan sel saraf dalam jumlah
yang sangat banyak. Sistem saraf pada manusia terdiri dari sistem saraf pusat
dan tepi. Sistem saraf pusat terdiri atas sumsum tulang belakang, sedangkan
sistem saraf tepi terdiri atas sistem saraf somatis dan sarad otonom.
2. Sistem saraf pusat.
a. Otak
Otak
merupakan alat tubuh yang sangat penting dan sebagai pusat pengatur dari segala
kegiatan, bagian utama otak adalah otak besar (cerebrum) otak kecil
(cerebellum) dan otak tengah.
-
Otak
besar
Merupakan
pusat pengendali kegiatan tubuh yang disadari. Otak besar dibagi menjadi 2
belahan yaitu belahan kanan dan kiri.
-
Otak
kecil
Terletak
dibagian belakang otak besar
-
Otak
tengah
Terletak
didepan otak kecil, berfungsi reflek mata dan kontraksi.
b. Sumsum tulang belakang
Terletak
memanjang dalam rongga tulang belekang, mulai dari ruas – ruas tulang leher
sampai ruas – ruas tulang pinggang. Fungsi sumsum tulang belakang sebagi
berikut :
1. Sebagi perantara antara susunan saraf
tepi dan otak
2. Menghantarkan impuls menuju atau dari
otak.
3. Mengatr gerak reflek.
3. Sistem saraf tepi.
Sistem
saraf tepi tersusun dari semua saraf yang membawa pesan dai dan kesistem saraf
pusat. Sistem saraf ini dibedakan menjadi sistem saraf somatis dan saraf
otonom.
a. Sistem saraf somatis disebut juga
sistem saraf sadar dan terdiri dari 12 pasang saraf kranial dan 31 pasang saraf
sumsum tulang belakang.
b. Sistem saraf otonom berfungsi untuk
mengatur kerjajaringan dan organ tubuh yang disadari atau yang tidak
dipengaruhi oleh kehendak kita.
D.
Pendekatan
/ strategi / metode pembelajaran
1. Pendekatan : scientific
2. Metode : diskusi
E.
Media
, alat, dan sumber belajar
1. Media
LCD,
Video, gambar sistem saraf pusat, hand out.
2. Alat dan bahan
LKS,
Buku paket
3. Sumber belajar
a. LKS
b. Bahan ajar saraf pusat
c. Sudibyo elok, dkk.2008. Ilmu
Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakatra. Kemendikbud
F.
Langkah
– langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menitt)
a. Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.
b. Guru memberi apersepsi dengan
mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sel saraf. Masih ingatkah fungsi sel
saraf ?
c. Guru memberi motivasi siswa bahwa akibat
dari fungsi sel saraf dapat diamati dalam kehidupan sehari – hari contoh:
makan, minum belajar dll.
d. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaranyang ingin dicapai.
e. Guru menyampaikan kegiatan dan
membagi peserta didik kedalam kelompok belajar perbangku.
2. Kegiatan inti (60 menit)
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
-
Pada kegiatan
ini guru meminta siswa mengamati gambar otak
.
-
Peserta didik
mengamati sel saraf.
|
Menanya
|
Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati gambar sel saraf.
Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
-
Apa saja bagian
dari sistem saraf pusat?
-
Apakah berbeda
fungsi otak kanan dan otak kiri?
|
Mengumpulkan
informasi
|
Setelah kegiaan
tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
a.
Melakukan
diskusi dengan teman sebangku berdasar LKS
b.
Dari hasil
diskusi pesrta didik akan mengumpulakn informansi tentang saraf pusat.
|
Mengkomunikasikan
|
Setelah menemukan
kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusi
kelompok.
-
Pada kegiatan
ini guru mereview dan memberikan penguatan dan menghubungkan dengan kehidupan
sehari – hari
-
Pada kegiatan
ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
|
3. Kegiatan penutup (10 menit )
a. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
tentang saraf pusat.
b. Guru memberikan penghargaan bagi
siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c. Guru memberikan post test. (terlampir
)
d. Guru memberikan tugas untuk
mempelajari materi selanjutnya yaitu impuls.
G.
Penilaian.
Indikator pencapaian kompetensi
|
Tehnik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
1.3.2 mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum
tulang belakang dan sel saraf dalam sistem koordinasi
|
Cognitif
|
Tes
tulis uraian (terlampir)
|
Pertemuan kedua
1. Pendahuluan
a. Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.
b. Guru memberi apersepsi dengan
mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem reproduksi manusia. Masih
ingatkah susunan sistem saraf tepi terdiri dari apa saja ?
c. Guru memberi motivasi siswa bahwa sistem
saraf tepi juga terdapat sistem hormon dan terjadi pada manusia contoh penyakit
gondok.
d. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaranyang ingin dicapai.
e. Guru menyampaikan rencana kegiatan
belajar.
2. Kegiatan inti (60 menit )
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
-
Pada kegiatan ini
guru meminta siswa mengamati gerak sadar (somatis) dan susunan sistem hormon.
-
Peserta didik
mengamati video tersebut.
|
Menanya
|
Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati video. Contoh
pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
-
Tersusun atas
apa saja sistem saraf tepi?
|
Mengumpulkan
informasi
|
Setelah kegiaan
tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
-
Melakukan diskusi
berdasar LKS.
-
Dari hasil diskusi
peserta didik akan mengumpulkan informasi tentang sistem saraf tepi dan
hormon.
|
Mengkomunikasikan
|
Setelah menemukan
kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil demonstrasi
yang sudah dilakukan.
-
Pada kegiatan
ini guru mereview dan memberikan penguatan menggunakan power point dan
menghubungkan dengan kegiatan sehari – hari.
-
Pada kegiatan
ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
|
3. Kegiatan penutup (10 menit)
a. Guru bersama peserta didik membuat
ksimpulan tentang sistem sarf tepi dan hormon.
b. Guru memberikan penghargaan bagi
siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
d. Guru memberikan tugas untuk
mempelajari materi selanjutnya sistem indra ( penglihat dan pembau).
H.
Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
|
Aspek ynag dinilai
|
Bentuk instrumen
|
1.3.1 Membandingkan bentuk / bangun bagian organ penyusun
sistem saraf pada manusia.
|
-
Cognitif
|
Test
|
Jember, 30 oktober 2014
Guru Pamong Praktikan
Yuni
Fatmawati, S.Pd NURHARYANTI
NBM. 1.029.451 NIM.
1110211019
Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember
Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350
Tidak ada komentar:
Posting Komentar