Selasa, 02 Desember 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaan

Indikator 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELARAN

Nama Sekolah                     : SMP Muhammadiya 1 Jember
Mata Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester                 : IX E/ Ganjil
Alokasi Waktu                     : 4 x 40 menit
Hari / tanggal                      : Rabu, 29 Oktober 2014
Pengajar                               : NURHARYANTI
A.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.3.2 Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam koordinasi.

B.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.     Melalui kegiatan pengamatan peserta didik dapat menjelaskan susunan sistm saraf.
2.     Melalui keiatan pengamatan peserta didik dapat menyebutkan sistem saraf pusat.
3.     Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dan bagian – bagian saraf pusat.
Pertemuan kedua
1.     Melalui keiatan pengamatan peserta didik dapat menyebutkan sistem saraf tepi.
2.     Melalui keiatan pengamatan peserta didik dapat memahami fungsi dan bagian – bagian saraf tepi.
3.     Melalui keiatan pengamatan peserta didik dapat memahami bagian dan fungsi sistem saraf tepi dan hormon.

C.     Materi pembelajaran
1.     Susunan sistem saraf.
Sistem saraf tersusun atas sekumpulan sel saraf dalam jumlah yang sangat banyak. Sistem saraf pada manusia terdiri dari sistem saraf pusat dan tepi. Sistem saraf pusat terdiri atas sumsum tulang belakang, sedangkan sistem saraf tepi terdiri atas sistem saraf somatis dan sarad otonom.
2.     Sistem saraf pusat.
a.     Otak
Otak merupakan alat tubuh yang sangat penting dan sebagai pusat pengatur dari segala kegiatan, bagian utama otak adalah otak besar (cerebrum) otak kecil (cerebellum) dan otak tengah.
-         Otak besar
Merupakan pusat pengendali kegiatan tubuh yang disadari. Otak besar dibagi menjadi 2 belahan yaitu belahan kanan dan kiri.
-         Otak kecil
Terletak dibagian belakang otak besar
-         Otak tengah
Terletak didepan otak kecil, berfungsi reflek mata dan kontraksi.
b.     Sumsum tulang belakang
Terletak memanjang dalam rongga tulang belekang, mulai dari ruas – ruas tulang leher sampai ruas – ruas tulang pinggang. Fungsi sumsum tulang belakang sebagi berikut :
1.     Sebagi perantara antara susunan saraf tepi dan otak
2.     Menghantarkan impuls menuju atau dari otak.
3.     Mengatr gerak reflek.
3.     Sistem saraf tepi.
Sistem saraf tepi tersusun dari semua saraf yang membawa pesan dai dan kesistem saraf pusat. Sistem saraf ini dibedakan menjadi sistem saraf somatis dan saraf otonom.
a.     Sistem saraf somatis disebut juga sistem saraf sadar dan terdiri dari 12 pasang saraf kranial dan 31 pasang saraf sumsum tulang belakang.
b.     Sistem saraf otonom berfungsi untuk mengatur kerjajaringan dan organ tubuh yang disadari atau yang tidak dipengaruhi oleh kehendak kita.
D.    Pendekatan / strategi / metode pembelajaran
1.     Pendekatan       : scientific
2.     Metode               : diskusi
E.     Media , alat, dan sumber belajar
1.     Media
LCD, Video, gambar sistem saraf pusat, hand out.
2.     Alat dan bahan
LKS, Buku paket
3.     Sumber belajar
a.     LKS
b.     Bahan ajar saraf pusat
c.      Sudibyo elok, dkk.2008. Ilmu Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakatra. Kemendikbud
F.     Langkah – langkah pembelajaran
1.     Pendahuluan (10 menitt)
a.     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b.     Guru memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sel saraf. Masih ingatkah fungsi sel saraf ?
c.      Guru memberi motivasi siswa bahwa akibat dari fungsi sel saraf dapat diamati dalam kehidupan sehari – hari contoh: makan, minum belajar dll.
d.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaranyang ingin dicapai.
e.     Guru menyampaikan kegiatan dan membagi peserta didik kedalam kelompok belajar perbangku.
2.     Kegiatan inti (60 menit)
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati
-         Pada kegiatan ini guru meminta siswa mengamati gambar otak
.
-         Peserta didik mengamati sel saraf.
Menanya
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati gambar sel saraf. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
-         Apa saja bagian dari sistem saraf pusat?
-         Apakah berbeda fungsi otak kanan dan otak kiri?
Mengumpulkan informasi
Setelah kegiaan tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
a.     Melakukan diskusi dengan teman sebangku berdasar LKS
b.     Dari hasil diskusi pesrta didik akan mengumpulakn informansi tentang saraf pusat.
Mengkomunikasikan
Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusi kelompok.
-         Pada kegiatan ini guru mereview dan memberikan penguatan dan menghubungkan dengan kehidupan sehari – hari
-         Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.

3.     Kegiatan penutup (10 menit )
a.     Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang saraf pusat.
b.     Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c.      Guru memberikan post test. (terlampir )
d.     Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu impuls.


G.    Penilaian.
Indikator pencapaian kompetensi
Tehnik penilaian
Bentuk instrumen
1.3.2 mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang dan sel saraf dalam sistem koordinasi
Cognitif
Tes tulis uraian (terlampir)

Pertemuan kedua
1.     Pendahuluan
a.     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b.     Guru memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem reproduksi manusia. Masih ingatkah susunan sistem saraf tepi terdiri dari apa saja ?
c.      Guru memberi motivasi siswa bahwa sistem saraf tepi juga terdapat sistem hormon dan terjadi pada manusia contoh penyakit gondok.
d.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaranyang ingin dicapai.
e.     Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar.
2.     Kegiatan inti (60 menit )
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati
-         Pada kegiatan ini guru meminta siswa mengamati gerak sadar (somatis) dan susunan sistem hormon.
-         Peserta didik mengamati video tersebut.
Menanya
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati video. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
-         Tersusun atas apa saja sistem saraf tepi?
Mengumpulkan informasi
Setelah kegiaan tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
-         Melakukan diskusi berdasar LKS.
-         Dari hasil diskusi peserta didik akan mengumpulkan informasi tentang sistem saraf tepi dan hormon.
Mengkomunikasikan
Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil demonstrasi yang sudah dilakukan.
-         Pada kegiatan ini guru mereview dan memberikan penguatan menggunakan power point dan menghubungkan dengan kegiatan sehari – hari.
-         Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.

3.     Kegiatan penutup (10 menit)
a.     Guru bersama peserta didik membuat ksimpulan tentang sistem sarf tepi dan hormon.
b.     Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c.      Guru memberikan post test (terlampir )
d.     Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya sistem indra ( penglihat dan pembau).
H.    Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
Aspek ynag dinilai
Bentuk instrumen
1.3.1 Membandingkan bentuk / bangun bagian organ penyusun sistem saraf pada manusia.
-         Cognitif
Test



Jember, 30 oktober 2014
Guru Pamong                                                                                  Praktikan


Yuni Fatmawati, S.Pd                                                                    NURHARYANTI
NBM. 1.029.451                                                                            NIM. 1110211019


Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember


Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350

Tidak ada komentar:

Posting Komentar