Selasa, 02 Desember 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Indikator 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELARAN

Nama Sekolah                     : SMP Muhammadiya 1 Jember
Mata Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester                 : IX E/ Ganjil
Alokasi Waktu                     : 4 x 40 menit
Hari / tanggal                      : Rabu, 22 Oktober 2014
Pengajar                               : NURHARYANTI
A.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.3.1 Menbandingkan bentuk / bangun bagian organ dan / atau organ penyusun sistem saraf pada manusia.

B.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.     Melalui kegiatan tanya jawab peserta didik dapa menyebutkan komponen penyusun saraf.
2.     Melalui keiatan pengamatan peserta didik dapat menjelaskan fungsi – fungsi dari bagian penyusun sel saraf.
3.     Melalui kegiatan pengamatan peserta didik dapat menyebutkan bagian – bagian penyusun sel saraf.
Pertemuan kedua
1.     Melalui kegiatan demonstrasi peserta didik dapat menyebutkan komponen gerak dan gerak reflek.
2.     Melalui kegiatan demonstrasi peserta didik dapat memahami terjadinya gerak dan gerak reflek.
C.     Materi pembelajaran
1.     Komponen sistem saraf
Untuk menanggapi rangsangan atau impuls, ada 3 komponen yang harus dimiliki oleh sistem saraf yaitu :
a.     Reseptor yaitu alat penerima rangsangan atau impuls
b.     Penghantar impuls yang dilakukan oleh saraf itu sendiri, sel saraf disebut neuron.
c.      Efektor yaitu bagian yang menanggapi rangsangan yang telah dihantarkan oleh impuls.
2.     Struktur sel saraf
Sel saraf terdiri dari:
a.     Badan sel
b.     Dendrit
c.      Akson
3.     Sel saraf berdasarkan struktur dan fungsinya
a.     Sel saraf sensorik adalah selsaraf yang berfungsi menerima rangsangan dari reseptor yaitu alat indra.
b.     Sel saraf motorik adalah sel saraf yang berfungsi menghatarkan rangsangan ke efektor yaitu otot atau kelenjar
c.      Sel saraf penghubung yaitu sel saraf yang berfungsi mengahubungkan sel saraf satu dengan sel saraf lainnya.
4.     Impuls
Impuls adalah rangsangan atau pesan yang terima oleh reseptor dari lingkungan luar, kemudian dibawa oleh neuron. Impuls yang diterima oleh reseptor dan disampaikan ke efektor menyebabkan terjadinya gerakan atau peruabhan pad aefektor. Gerakan tersebut adalah sebagai berikut :
a.     Gerak sadar
Gerak sadar atau gerak biasa adalah gerak yang terjadi karena disengaja atau disadari
Impuls à reseptor/ indra à saraf sensorik à otak à saraf motorik à efektor otot.
b.     Gerak refleks
Gerak reflek adalah gerakan yang terjadi tanpa disadari atau tidak disengaja.
Impuls à reseptor/indra à saraf sensorik àsumsum tulang belakang à saraf motorik à otot.
D.    Pendekatan / strategi / metode pembelajaran
1.     Pendekatan       : scientific
2.     Metode               : diskusi
E.     Media , alat, dan sumber belajar
1.     Media
LCD, Video, gambar sel saraf
2.     Alat dan bahan
LKS, Buku paket
3.     Sumber belajar
a.     LKS
b.     Bahan ajar sel saraf
c.      Sudibyo elok, dkk.2008. Ilmu Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakatra. Kemendikbud
F.     Langkah – langkah pembelajaran
1.     Pendahuluan (10 menitt)
a.     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
b.     Guru memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem reproduksi manusia. Masih ingatkah kalian bagaimana proses menstruasi terjadi ?
c.      Guru memberi motivasi siswa bahwa sakit atau nyeri yang ditimbulkan saat menstruasi dikarenan ujung – ujung saraf yang berkontraksi.
d.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaranyang ingin dicapai.
e.     Guru menyampaikan kegiatan dan membagi peserta didik kedalam kelompok belajar perbangku.
2.     Kegiatan inti (60 menit)
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati
-         Pada kegiatan ini guru meminta siswa mengamati gambar sel saraf.
-         Peserta didik mengamati sel saraf.
Menanya
-         Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati gambar sel saraf. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
Apa saja komponen sel saraf
Mengumpulkan informasi
-         Setelah kegiaan tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
a.     Melakukan diskusi dengan teman sebangku berdasar LKS
b.     Mencari literatur dari bebagai sumber buku diperpus
c.      Dari hasil diskusi pesrta didik akan mengumpulakn informansi tentang sel saraf.
Mengkomunikasikan
Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusi kelompok.
-         Pada kegiatan ini guru mereview dan memberikan penguatan dan menghubungkan dengan kehidupan sehari – hari
-         Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.

3.     Kegiatan penutup (10 menit )
a.     Guru bersama peserta didik membuat ksimpulan tentang sel saraf.
b.     Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c.      Guru memberikan post test.
d.     Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu impuls.
G.    Penilaian.
Indikator pencapaian kompetensi
Tehnik penilaian
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
1.3.1 Membandingkan bentuk / bangn bagian organ penyusun sistem saraf pada manusia
Tes tulis
PG
Terlampir



Pertemuan kedua
1.     Pendahuluan
a.     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b.     Guru memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem reproduksi manusia. Masih ingatkah tiga komponen yang harus dimiliki sistem saraf ?
c.      Guru memberi motivasi siswa bahwa akibat dari sel saraf dapat diamati pada kehidupan sehari – hari contoh menutup hidung saat mencium bau saat mencium bau yang sangat busuk.
d.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaranyang ingin dicapai.
e.     Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar.
2.     Kegiatan inti (60 menit )
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati
-         Pada kegiatan ini guru meminta siswa mengamati gerak sadar dan gerak reflek.
-         Peserta didik mengamati video tersebut.
Menanya
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati video. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
-         Bagaimana gerak rfleks bisa terjadi?
-         Kapan gerak reflek terjadi?
Mengumpulkan informasi
Setelah kegiaan tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
-         Melakukan demonstrasi sederhana untuk menyelidiki terjadiya gerak reflek dan gerak sadar.
-         Mengamati hasil demonstrasi.
-         Dari hasil demonstrasi peserta didik akan mengumpulkan informasi tentang gerak reflek dan sadar.
Mengkomunikasikan
Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil demonstrasi yang sudah dilakukan.
-         Pada kegiatan ini guru mereview dan memberikan penguatan menggunakan power point dan menghubungkan dengan kegiatan sehari – hari.
-         Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.

3.     Kegiatan penutup (10 menit)
a.     Guru bersama peserta didik membuat ksimpulan tentang gerak reflek dan gerak sadar.
b.     Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c.      Guru memberikan post test.
d.     Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu susunan sistem saraf.
H.    Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
Aspek ynag dinilai
Bentuk instrumen
1.3.1 Membandingkan bentuk / bangn bagian organ penyusun sistem saraf pada manusia

Menunjukan perilaku sikap disiplin, tanggung jawab, jujur teliti, dalam melakukan percobaan
-         Cognitif




-         Sikap
Test




Lembar observasi




Jember, 23 oktober 2014
Guru Pamong                                                                                  Praktikan


Yuni Fatmawati, S.Pd                                                                    NURHARYANTI
NBM. 1.029.451                                                                            NIM. 1110211019

Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember


Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350








Tidak ada komentar:

Posting Komentar