RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELARAN
Nama Sekolah : SMP Muhammadiya 1 Jember
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IX E/ Ganjil
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Hari / tanggal : Rabu, 22 Oktober 2014
Pengajar :
NURHARYANTI
A.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi
dan alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
1.3.1 Menbandingkan bentuk / bangun
bagian organ dan / atau organ penyusun sistem saraf pada manusia.
|
B. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Melalui kegiatan tanya jawab peserta
didik dapa menyebutkan komponen penyusun saraf.
2. Melalui keiatan pengamatan peserta
didik dapat menjelaskan fungsi – fungsi dari bagian penyusun sel saraf.
3. Melalui kegiatan pengamatan peserta
didik dapat menyebutkan bagian – bagian penyusun sel saraf.
Pertemuan kedua
1. Melalui kegiatan demonstrasi peserta
didik dapat menyebutkan komponen gerak dan gerak reflek.
2. Melalui kegiatan demonstrasi peserta
didik dapat memahami terjadinya gerak dan gerak reflek.
C.
Materi
pembelajaran
1. Komponen sistem saraf
Untuk
menanggapi rangsangan atau impuls, ada 3 komponen yang harus dimiliki oleh
sistem saraf yaitu :
a. Reseptor yaitu alat penerima
rangsangan atau impuls
b. Penghantar impuls yang dilakukan oleh
saraf itu sendiri, sel saraf disebut neuron.
c. Efektor yaitu bagian yang menanggapi
rangsangan yang telah dihantarkan oleh impuls.
2. Struktur sel saraf
Sel
saraf terdiri dari:
a. Badan sel
b. Dendrit
c. Akson
3. Sel saraf berdasarkan struktur dan
fungsinya
a. Sel saraf sensorik adalah selsaraf
yang berfungsi menerima rangsangan dari reseptor yaitu alat indra.
b. Sel saraf motorik adalah sel saraf
yang berfungsi menghatarkan rangsangan ke efektor yaitu otot atau kelenjar
c. Sel saraf penghubung yaitu sel saraf
yang berfungsi mengahubungkan sel saraf satu dengan sel saraf lainnya.
4. Impuls
Impuls
adalah rangsangan atau pesan yang terima oleh reseptor dari lingkungan luar,
kemudian dibawa oleh neuron. Impuls yang diterima oleh reseptor dan disampaikan
ke efektor menyebabkan terjadinya gerakan atau peruabhan pad aefektor. Gerakan
tersebut adalah sebagai berikut :
a. Gerak sadar
Gerak
sadar atau gerak biasa adalah gerak yang terjadi karena disengaja atau disadari
Impuls
à reseptor/ indra à saraf sensorik à otak à saraf motorik à efektor otot.
b. Gerak refleks
Gerak
reflek adalah gerakan yang terjadi tanpa disadari atau tidak disengaja.
Impuls
à reseptor/indra à saraf sensorik àsumsum tulang belakang à saraf motorik à otot.
D.
Pendekatan
/ strategi / metode pembelajaran
1. Pendekatan : scientific
2. Metode : diskusi
E.
Media
, alat, dan sumber belajar
1. Media
LCD,
Video, gambar sel saraf
2. Alat dan bahan
LKS,
Buku paket
3. Sumber belajar
a. LKS
b. Bahan ajar sel saraf
c. Sudibyo elok, dkk.2008. Ilmu
Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakatra. Kemendikbud
F.
Langkah
– langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menitt)
a. Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik
b. Guru memberi apersepsi dengan
mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem reproduksi manusia. Masih
ingatkah kalian bagaimana proses menstruasi terjadi ?
c. Guru memberi motivasi siswa bahwa
sakit atau nyeri yang ditimbulkan saat menstruasi dikarenan ujung – ujung saraf
yang berkontraksi.
d. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaranyang ingin dicapai.
e. Guru menyampaikan kegiatan dan
membagi peserta didik kedalam kelompok belajar perbangku.
2. Kegiatan inti (60 menit)
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
-
Pada kegiatan
ini guru meminta siswa mengamati gambar sel saraf.
-
Peserta didik
mengamati sel saraf.
|
Menanya
|
-
Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati gambar sel saraf.
Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
Apa saja komponen sel saraf
|
Mengumpulkan informasi
|
-
Setelah kegiaan
tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
a.
Melakukan diskusi
dengan teman sebangku berdasar LKS
b.
Mencari
literatur dari bebagai sumber buku diperpus
c.
Dari hasil
diskusi pesrta didik akan mengumpulakn informansi tentang sel saraf.
|
Mengkomunikasikan
|
Setelah menemukan
kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusi
kelompok.
-
Pada kegiatan
ini guru mereview dan memberikan penguatan dan menghubungkan dengan kehidupan
sehari – hari
-
Pada kegiatan
ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
|
3. Kegiatan penutup (10 menit )
a. Guru bersama peserta didik membuat
ksimpulan tentang sel saraf.
b. Guru memberikan penghargaan bagi
siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c. Guru memberikan post test.
d. Guru memberikan tugas untuk
mempelajari materi selanjutnya yaitu impuls.
G.
Penilaian.
Indikator pencapaian kompetensi
|
Tehnik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Contoh instrumen
|
1.3.1 Membandingkan bentuk / bangn bagian organ
penyusun sistem saraf pada manusia
|
Tes tulis
|
PG
|
Terlampir
|
Pertemuan kedua
1. Pendahuluan
a. Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.
b. Guru memberi apersepsi dengan
mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem reproduksi manusia. Masih
ingatkah tiga komponen yang harus dimiliki sistem saraf ?
c. Guru memberi motivasi siswa bahwa
akibat dari sel saraf dapat diamati pada kehidupan sehari – hari contoh menutup
hidung saat mencium bau saat mencium bau yang sangat busuk.
d. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaranyang ingin dicapai.
e. Guru menyampaikan rencana kegiatan
belajar.
2. Kegiatan inti (60 menit )
3. Kegiatan penutup (10 menit)
a. Guru bersama peserta didik membuat
ksimpulan tentang gerak reflek dan gerak sadar.
b. Guru memberikan penghargaan bagi
siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c. Guru memberikan post test.
d. Guru memberikan tugas untuk
mempelajari materi selanjutnya yaitu susunan sistem saraf.
H.
Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
|
Aspek ynag dinilai
|
Bentuk instrumen
|
1.3.1 Membandingkan bentuk / bangn bagian organ
penyusun sistem saraf pada manusia
Menunjukan perilaku sikap disiplin, tanggung jawab,
jujur teliti, dalam melakukan percobaan
|
-
Cognitif
-
Sikap
|
Test
Lembar
observasi
|
Jember, 23 oktober 2014
Guru Pamong Praktikan
Yuni
Fatmawati, S.Pd NURHARYANTI
NBM. 1.029.451 NIM.
1110211019
Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember
Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350
Tidak ada komentar:
Posting Komentar