Selasa, 02 Desember 2014

Ulangan Harian Sistem saraf tepi



Ulangan Harian
Sistem Koordinasi Dan Indra
Nama:..........................
Kelas: ..........................

1.      

Perhatikan gambar disamping .
Berdasarkan gambar disamping, tuliskan perjalanan impulsnya ! (skor 20)





2.       Buatlah mind map tentang panca indra pada manusia yang berisi tentang jenis indra, fungsi, serta 2 contoh gangguan/penyakit yang berhubungan dengan indra yang dimaksud !
(skor 20)
3.       Berdasarkan letaknya, otak besar dibagi menjadi empat bagian. Sebutkan berserta fungsinya! (skor 20 )
4.       Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan kelenjar buntu atau kelenjar endokrin. Sebutkan 4 kelenjar yang kamu ketahui didalam tubuh manusia. (skor 20 )
5.       Ani berjalan mengelilingi kota, saat sedang asik berjalan Ani mencium bau masakan. Ani menebak bau masakan tersebut dan memutuskan untuk membeli dan memakannya bersama adiknya dirumah. Dari kegiatan di atas tuliskan  perjalanan impuls dan hubungkan dengan alat indra ! (skor 20)




Kunci  jawaban
1.       impuls --> reserptor / indra --> saraf sensorik --> otak --> saraf motorik --> efektor / otot
2.       Mata à fungsi : menerima rangsang berupa cahaya, untuk membedakan warna, untuk melihat à gangguan : miopi , hipermetropi, rabun senja, buta warna, juling.
Hidung à fungsi : menerima rangsang berupa bau, sebagai saluran pernafasan, membantu indra pengecap untuk memingkatkan selera makan à gangguan : polip , pilek mimisan
Telinga à fungsi : untuk mendengarkan suara / bunyi à gangguan : tuli konduktif, tuli saraf , otitis
Lidah à fungsi : untuk berbicara, untuk menelan makanan , sebagai indra pengecap. à gangguan : sariawan, kanker lidah,  mati rasa
Kulit à  fungsi : sebagai indra yang peka terhadap ragsangan berupa sentuhan, tekanan, panas, dingin dan nyeri à gangguan : panu , kadas , kurap , jerawat, bisul, kanker kulit, kutu air.
3.       Otak besar bagian depan berfungsi untuk pusat kegiatan otot, otak tengah berfungsi sebagai pusat kecerdasan dan ingatan, otak belakang berfungsi sebagai pusat penglihatan dan otak samping berfungsi sebagai pusat pendengaran.
4.       Kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid , kelenjar anak gondok , kelenjar pancreas
5.       Dari reseptor hidung diteruskan oleh selaput saraf pembau dan diteruskan ke otak sehingga terdeteksi bau. Kemudian dilanjutkan sel sensori ( indra pembau ) ke sel saraf penghubung dalam sumsum tulang belakang dan diteruskan ke otak sehingga ani memutuskan apa yang dia lakukan. Hasil olahan impuls dibawa oleh sel saraf motorik ke efektor (tangan ) untuk membeli dan memakannya ( indra pengecap) bersama adiknya dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar