RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELARAN
Nama Sekolah : SMP Muhammadiya 1 Jember
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IX E/ Ganjil
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Hari / tanggal : Sabtu, 01 November 2014
Pengajar :
NURHARYANTI
A.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi
dan alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
1.3.3 Menunjukan alat – alat indra dan
fungsinya.
|
B. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Melalui keiatan pengamatan peserta
didik dapat menyebutkan bagian – bagian sistem indra ( penglihatan dan pembau).
2. Melalui keiatan diskusi pesrta didik
dapat menjelaskan fungsi sistem indra ( penglihatan dan pembau), serta proses
melihat.
Pertemuan kedua
1. Melalui keiatan pengamatan peserta
didik dapat menyebutkan bagian – bagian sistem indra (pendengaran, peraba dan
pengecap).
2. Melalui keiatan diskusi peserta didik
dapat menjelaskan fungsi sistem indra (pendengaran, peraba dan pengecap).
3. Melalui keiatan pengamatan peserta didik
dapat memahami bagian dan fungsi sistem saraf tepi dan hormon.
C.
Materi
pembelajaran
1. Sistem indra.
Indra
manusia terdiri atas organ –organ tubuh yang sangat peka terhadap rangsangan.
Ada lima macam indra pada manusia yaitu:
a. Indra penglihaan (mata)
b. Indra pendengaran (telinga)
c. Indra peraba (kulit)
d. Indra pembau (hidung)
e. Indra pengecap (lidah)
Kelima alat indra ini akan berfungsi
dnegan baik jika:
a. Saraf – saraf yang berfungsi dengan
baik untuk membawa rangsang.
b. Otak sebagi pengolah informasi
bekerja dengan baik.
c. Alat – alat indra tidak tidak
mempunyai kelainan bentuk dan fungsinya.
2. Macam – macam penjelasan alat indra.
a. Indra penglihatan ( mata )
Mata
adalah organ penglihatan yang menerima rangsangan berupa cahaya. Bola mata
terltak dalam rongga mata dan beralaskan lapisan lemak. Bagian – bagian dari
mata
1. Selaput putih (sklera)
Bagian
luar dari bola matayang tersusun dari zat tanduk dan merupan lapisan kuli kuat
berwana putih.
2. Selaput hitam (koroid)
Merupakan
lapisan tengah dari bola mata yang banyak mengandung pembu;luh darah.
3. Selaput jala (retina)
Selaput
paling dalam pada mata yang peka terhadp rangsangan.
b. Indra pembau (hidung)
Alat
indra yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berupa gas.
Didalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembau yang dilengkapi dengan sel
– sel pembau. Setiap sel pembau mempunyai rambut – rambut halus diujungnya.
Dan diliputi oleh serabut lendir yang
berfungsi sebagai pelembab.
c. Indra pendengaran (telinga).
Merupakan
alat indra yang peka terhadap rangsang berupa gelombang bunyi . teling manusia
terdiri dari atas 3 bagian.
1. Telinga luar
Terdiri
daun telinga, saluran telinga luar yang menghasilkan minyak serumen dan
dilengkapi rambut – rambut halus, gendang telinga (membrane timpami) merupakan
selaput tipis.
2. Telinga tengah
Telinga
tengah teriri dari tulang pendengaran meliputi maleus, incus, stapes saliran
eustachius yang menghubungkan telinga dengan rongga mulut, dan tingkap jorong.
3. Telinga dalam
Terdiri
dari rumah siput dan saluran tengah.
d. Inda peraba (kulit )
Adalah
indra yang peka terhadap rangsangan berupa sentuhan, tekanan, panas, dingin,
dan nyeri .
e. Indra pengeap (lidah )
Pada
manusia yang berperan sebagi indra pengecap adalah lidah. Pada lidah terdapt
tiga macam papila yaitu:
1. Papila foliformis yang berbentuk
benang halus
2. Papila fungiformis yang berbentuk
seperti jamur
3. Papila sirkumulata.
D.
Pendekatan
/ strategi / metode pembelajaran
1. Pendekatan : scientific
2. Metode : diskusi, example non example percobaan dan
demonstrasi.
E.
Media
, alat, dan sumber belajar
1. Media
LCD,
Video, gambar sistem saraf pusat, hand out.
2. Alat dan bahan
LKS,
Buku paket
3. Sumber belajar
a. LKS
b. Bahan ajar saraf pusat
c. Sudibyo elok, dkk.2008. Ilmu
Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakatra. Kemendikbud
F.
Langkah
– langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menitt)
a. Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.
b. Guru memberi apersepsi dengan
mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem hormonyang terdapat didalam
tubuh kita terdiri dari apa saja ?
c. Guru memberi motivasi siswa mengapa
kita dapat melihat suatu benda.
d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai.
e. Guru menyampaikan kegiatan dan
membagi kelompok terdiri dari 3 – 4 orang.
2. Kegiatan inti (60 menit)
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
-
Mengingatkan
kembali sistem hormon dengan bantuan mind mapp.
Video
indra penglihatan dan pembau
-
Peserta didik
mengamati video.
|
Menanya
|
Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati gambar sel saraf.
Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
-
Mengapa bisa
membedakan dan mendeteksi bau?
-
Mengapa hanya
bisa melihat ditempat yang terang?
|
Mengumpulkan
informasi
|
Setelah kegiaan
tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
a.
Melakukan
diskusi dengan teman sebangku berdasar LKS dengan media gambar.
b.
Dari hasil
diskusi pesrta didik dapat mengetahui proses melihat, proses mencium serta
bagian – bagian dan fungsinya.
|
Mengkomunikasikan
|
Setelah menemukan
kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusi
kelompok.
-
Pada kegiatan
ini guru mereview dan memberikan penguatan dan menghubungkan dengan kehidupan
sehari – hari
-
Pada kegiatan
ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
|
3. Kegiatan penutup (10 menit )
a. Guru bersama peserta didik membuat
ksimpulan sistem indra .
b. Guru memberikan penghargaan bagi
siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c. Guru memberikan post test. (terlampir
)
d. Guru memberikan tugas untuk
mempelajari materi selanjutnya yaitu sistem indra peraba.
G.
Penilaian.
Indikator pencapaian kompetensi
|
Tehnik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
1.3.2 mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum
tulang belakang dan sel saraf dalam sistem koordinasi
|
Cognitif
|
Tes
tulis uraian (terlampir)
|
Pertemuan kedua
1. Pendahuluan (10 menit )
a. Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.
b. Guru memberi apersepsi dengan
mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang indra penglihat dan pembau. Masih
ingatkah kalian mekanisme membau?
c. Guru memberi motivasi siswa bahwa saat
indra pembau mendeeksi bau makanan timbul keinginan untuk makan makanann
tersebut..
d. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaranyang ingin dicapai.
e. Guru menyampaikan rencana kegiatan
belajar dengan membentuk kelompok 3 – 4 orang.
2. Kegiatan inti (60 menit )
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
Pada kegiatan ini
guru meminta siswa mengamati video indra pendengaran, pengecap dan peraba.
Video kuping
-
Peserta didik
mengamati video tersebut.
|
Menanya
|
Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati video. Contoh
pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
-
Mengapa lidah
kita bisa merasakan makanan enak atu tidaknya makanan, merasakan manis. Asin
, asam dan pahit?
-
Mengapa kita
bisa mendengar dan membdakan bunyi?
|
Mengumpulkan
informasi
|
Setelah kegiaan
tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
-
Melakukan percobaan
indra penecap (lidah) yang tercantum dalm LKS.
-
Melakukan diskusi
kelompok pada indra pendengaran dan peraba.
-
Dari hasil
diskusi siswa dapat mengetahui proses pada siste indra(pendengaran, peraba
dan pengecap.
|
Mengkomunikasikan
|
Setelah menemukan
kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusidan
menuliskan tabelpengamatan yang sudah
dilakukan.
-
Pada kegiatan
ini guru mereview dan memberikan penguatan menggunakan power point dan
menghubungkan dengan kegiatan sehari – hari.
-
Pada kegiatan
ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
|
3. Kegiatan penutup (10 menit)
a. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
tentang sistem indra (pengecap, pendengaran dan peraba).
b. Guru memberikan penghargaan bagi
siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c. Guru memberikan test berupa resuman
sistem indra (pendengar, pengecap dan peraba)
d. Guru memberikan tugas untuk
mempelajari materi selanjutnya kelainan yang tejadi pada sistem indra.
H.
Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
|
Aspek ynag dinilai
|
Bentuk instrumen
|
1.3.1 Membandingkan bentuk / bangn bagian organ penyusun
sistem saraf pada manusia.
Menunjukan perilaku disiplin, tanggung jawab,
teliti, dalam melakukan percobaan
|
-
Cognitif
-
Sikap
|
Test
Obsevasi
|
Jember, 01 November 2014
Guru Pamong Praktikan
Yuni
Fatmawati, S.Pd NURHARYANTI
NBM.
1.029.451 NIM.
1110211019
Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember
Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350
Tidak ada komentar:
Posting Komentar