Selasa, 02 Desember 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Indikator 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELARAN

Nama Sekolah                     : SMP Muhammadiya 1 Jember
Mata Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester                 : IX E/ Ganjil
Alokasi Waktu                     : 4 x 40 menit
Hari / tanggal                      : Sabtu, 01 November 2014
Pengajar                               : NURHARYANTI
A.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.3.3 Menunjukan alat – alat indra dan fungsinya.

B.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.     Melalui keiatan pengamatan peserta didik dapat menyebutkan bagian – bagian sistem indra ( penglihatan dan pembau).
2.     Melalui keiatan diskusi pesrta didik dapat menjelaskan fungsi sistem indra ( penglihatan dan pembau), serta proses melihat.
Pertemuan kedua
1.     Melalui keiatan pengamatan peserta didik dapat menyebutkan bagian – bagian sistem indra (pendengaran, peraba dan pengecap).
2.     Melalui keiatan diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem indra (pendengaran, peraba dan pengecap).
3.     Melalui keiatan pengamatan peserta didik dapat memahami bagian dan fungsi sistem saraf tepi dan hormon.

C.     Materi pembelajaran
1.     Sistem indra.
Indra manusia terdiri atas organ –organ tubuh yang sangat peka terhadap rangsangan. Ada lima macam indra pada manusia yaitu:
a.     Indra penglihaan (mata)
b.     Indra pendengaran (telinga)
c.      Indra peraba (kulit)
d.     Indra pembau (hidung)
e.     Indra pengecap (lidah)
Kelima alat indra ini akan berfungsi dnegan baik jika:
a.     Saraf – saraf yang berfungsi dengan baik untuk membawa rangsang.
b.     Otak sebagi pengolah informasi bekerja dengan baik.
c.      Alat – alat indra tidak tidak mempunyai kelainan bentuk dan fungsinya.
2.     Macam – macam penjelasan alat indra.
a.     Indra penglihatan ( mata )
Mata adalah organ penglihatan yang menerima rangsangan berupa cahaya. Bola mata terltak dalam rongga mata dan beralaskan lapisan lemak. Bagian – bagian dari mata
1.     Selaput putih (sklera)
Bagian luar dari bola matayang tersusun dari zat tanduk dan merupan lapisan kuli kuat berwana putih.
2.     Selaput hitam (koroid)
Merupakan lapisan tengah dari bola mata yang banyak mengandung pembu;luh darah.
3.     Selaput jala (retina)
Selaput paling dalam pada mata yang peka terhadp rangsangan.
b.     Indra pembau (hidung)
Alat indra yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berupa gas. Didalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembau yang dilengkapi dengan sel – sel pembau. Setiap sel pembau mempunyai rambut – rambut halus diujungnya. Dan  diliputi oleh serabut lendir yang berfungsi sebagai pelembab.
c.      Indra pendengaran (telinga).
Merupakan alat indra yang peka terhadap rangsang berupa gelombang bunyi . teling manusia terdiri dari atas 3 bagian.
1.     Telinga luar
Terdiri daun telinga, saluran telinga luar yang menghasilkan minyak serumen dan dilengkapi rambut – rambut halus, gendang telinga (membrane timpami) merupakan selaput tipis.
2.     Telinga tengah
Telinga tengah teriri dari tulang pendengaran meliputi maleus, incus, stapes saliran eustachius yang menghubungkan telinga dengan rongga mulut, dan tingkap jorong.
3.     Telinga dalam
Terdiri dari rumah siput dan saluran tengah.
d.     Inda peraba (kulit )
Adalah indra yang peka terhadap rangsangan berupa sentuhan, tekanan, panas, dingin, dan nyeri .
e.     Indra pengeap (lidah )
Pada manusia yang berperan sebagi indra pengecap adalah lidah. Pada lidah terdapt tiga macam papila yaitu:
1.     Papila foliformis yang berbentuk benang halus
2.     Papila fungiformis yang berbentuk seperti jamur
3.     Papila sirkumulata.
D.    Pendekatan / strategi / metode pembelajaran
1.     Pendekatan       : scientific
2.     Metode               : diskusi, example non example percobaan dan demonstrasi.
E.     Media , alat, dan sumber belajar
1.     Media
LCD, Video, gambar sistem saraf pusat, hand out.
2.     Alat dan bahan
LKS, Buku paket
3.     Sumber belajar
a.     LKS
b.     Bahan ajar saraf pusat
c.      Sudibyo elok, dkk.2008. Ilmu Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakatra. Kemendikbud
F.     Langkah – langkah pembelajaran
1.     Pendahuluan (10 menitt)
a.     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b.     Guru memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem hormonyang terdapat didalam tubuh kita terdiri dari apa saja ?
c.      Guru memberi motivasi siswa mengapa kita dapat melihat suatu benda.
d.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
e.     Guru menyampaikan kegiatan dan membagi kelompok terdiri dari 3 – 4 orang.
2.     Kegiatan inti (60 menit)
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati
-         Mengingatkan kembali sistem hormon dengan bantuan mind mapp.
Video indra penglihatan dan pembau
-         Peserta didik mengamati video.
Menanya
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati gambar sel saraf. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
-         Mengapa bisa membedakan dan mendeteksi bau?
-         Mengapa hanya bisa melihat ditempat yang terang?
Mengumpulkan informasi
Setelah kegiaan tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
a.     Melakukan diskusi dengan teman sebangku berdasar LKS dengan media gambar.
b.     Dari hasil diskusi pesrta didik dapat mengetahui proses melihat, proses mencium serta bagian – bagian dan fungsinya.
Mengkomunikasikan
Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusi kelompok.
-         Pada kegiatan ini guru mereview dan memberikan penguatan dan menghubungkan dengan kehidupan sehari – hari
-         Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.

3.     Kegiatan penutup (10 menit )
a.     Guru bersama peserta didik membuat ksimpulan sistem indra .
b.     Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c.      Guru memberikan post test. (terlampir )
d.     Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu sistem indra peraba.
G.    Penilaian.
Indikator pencapaian kompetensi
Tehnik penilaian
Bentuk instrumen
1.3.2 mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang dan sel saraf dalam sistem koordinasi
Cognitif
Tes tulis uraian (terlampir)

Pertemuan kedua
1.     Pendahuluan (10 menit )
a.     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b.     Guru memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang indra penglihat dan pembau. Masih ingatkah kalian mekanisme membau?
c.      Guru memberi motivasi siswa bahwa saat indra pembau mendeeksi bau makanan timbul keinginan untuk makan makanann tersebut..
d.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaranyang ingin dicapai.
e.     Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar dengan membentuk kelompok 3 – 4 orang.


2.     Kegiatan inti (60 menit )
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati
Pada kegiatan ini guru meminta siswa mengamati video indra pendengaran, pengecap dan peraba.
Video kuping
-         Peserta didik mengamati video tersebut.
Menanya
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya setelah mereka mengamati video. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik:
-         Mengapa lidah kita bisa merasakan makanan enak atu tidaknya makanan, merasakan manis. Asin , asam dan pahit?
-         Mengapa kita bisa mendengar dan membdakan bunyi?
Mengumpulkan informasi
Setelah kegiaan tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara:
-         Melakukan percobaan indra penecap (lidah) yang tercantum dalm LKS.
-         Melakukan diskusi kelompok pada indra pendengaran dan peraba.
-         Dari hasil diskusi siswa dapat mengetahui proses pada siste indra(pendengaran, peraba dan pengecap.
Mengkomunikasikan
Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusidan menuliskan tabelpengamatan  yang sudah dilakukan.
-         Pada kegiatan ini guru mereview dan memberikan penguatan menggunakan power point dan menghubungkan dengan kegiatan sehari – hari.
-         Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.

3.     Kegiatan penutup (10 menit)
a.     Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang sistem indra (pengecap, pendengaran dan peraba).
b.     Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
c.      Guru memberikan test berupa resuman sistem indra (pendengar, pengecap dan peraba)
d.     Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya kelainan yang tejadi pada sistem indra.
H.    Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
Aspek ynag dinilai
Bentuk instrumen
1.3.1 Membandingkan bentuk / bangn bagian organ penyusun sistem saraf pada manusia.

Menunjukan perilaku disiplin, tanggung jawab, teliti, dalam melakukan percobaan
-         Cognitif




-         Sikap
Test




Obsevasi  










Jember, 01 November 2014
Guru Pamong                                                                                  Praktikan


Yuni Fatmawati, S.Pd                                                                    NURHARYANTI
NBM. 1.029.451                                                                            NIM. 1110211019

Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember


Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350

Tidak ada komentar:

Posting Komentar