Selasa, 02 Desember 2014

Daya Listrik



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELARAN

Nama Sekolah             : SMP Muhammadiya 1 Jember
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester          : IX E/ Ganjil
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
Hari / tanggal              : Rabu, 29 Oktober 2014
Pengajar                      : NURHARYANTI

A.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4  Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehar- hari.
3.4.2 Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik dan satuannya (kWh  dan joule).

B.     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
a.       Menjelaskan pengertian daya listrik.
b.      Menjelaskan hubungan antara daya listrik dan energi listrik.
c.       Menjelaskan langkah-langkah untuk menentukan energi listrik
dalam satuan kWh.
C.     Materi Pembelajaran
1.      Energi
Energi adalah kemampuan melakukan kerja. Disebut demikian karena setiap kerja yang dilakukan sekecil apapun dan seringan apapun tetap membutuhkan energi.Hukum Termodinamika I menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi energi hanya dapat diubah dari 1 bentuk energi ke bentuk energi yang lain
Apabila kita menyalakan lampu terlalu lama maka lampu tersebut akan menjadi panas. Hal itu terjadi karena adanya energi listrik yang diubah  menjadi energi kalor. Apabila ada kabel yang terhubung dengan lampu tetapi tidak ada baterai maka lampu tidak akan menyala. Hal itu berarti bahwa tidak akan ada energi listrik apabila tidak ada beda potensial dan muatan yang mengalir. Maka hubungan antara energi, beda potensial dan besar muatan dapat dituliskan dalam rumus berikut :
W = V . Q
 
                                     ..................rumus 1
W = V . i . t
 
Q dapat diperoleh dari rumus i =  à Q = i . t
Sehingga di dapatkan rumus                          ................... rumus 2
W = i . R . i . t
 
jika diturunkan pada hukum ohm maka V diperoleh dari V = i . R, maka untuk mencari energi dapat digunakan rumus                               ................rumus 3
i dapat dicari dengan menggunakan rumus i =   sehingga rumus energi diatas dapat ditulis menjadi W =  . R .  . t à  . R .  . t à W =  t

2.      Daya
Daya adalah besarnya suatu energi yang digunakan dalam setiap satuan waktu. Untuk mengetahui daya berbagai peralatan listrik salah satu caranya yaitu dengan melihat label yang tertera pada peralatan listrik tersebut. Label tersebut memuat beda potensial yang diperlukan serta daya yang dihasilkan.
Daya listrik juga dapat dihitung menggunakan rumus. Ada beberapa rumus untuk mengetahui daya yaitu :
P =
 
Daya dapat dicari dari besarnya energi dibagi dengan waktu
                                           ................................. Rumus 1    
           
P = V . i
 
            P =   sehingga di dapatkan rumus               ............... Rumus 2
P =
 
P = i . R . i
 
                        P =   sehingga di dapatkan rumus                              ......... Rumus 3
                        P = (        ) . t   sehingga di dapatkan rumus                   ............. Rumus 4

Satuan daya dalam SI adalah Watt. Tetapi pada meteran listrik yang ada pada rumah-rumah warga satuan daya listrik menggunakan kWh (kilo watt jam), sehingga alat tersebut dinamakan kWh meter. Konversi dari satuan daya listrik yaitu sebagai berikut :


Rounded Rectangle: 1 kWh = 1000 Wh
1 kWh = 3.600.000 Ws (1000 x 3600)
1 kWh = 3.600.000 Joule = 3,6 . 106 Joule
 




D.    Pendekatan / strategi / metode pembelajaran
Pendekatan     : Konsep
Metode            : Diskusi ,  Ceramah
E.     Media /  alat dan sumber belajar
1.      Media
Hand Out
2.      Alat dan bahan
Papan tulis, LKS , Buku paket
3.      Sumber belajar
a.       LKS
b.      Sudibyo elok, dkk.2008. Ilmu Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakatra. Kemendikbud
F.      Langkah – langkah pembelajaran
1.      Pendahuluan (10 menitt)
a.       Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b.      Guru memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem indra. Masih ingatkah kalian proses melihat ?
c.       Guru memberi motivasi siswa bahwa sinar atau cahaya yang masuk kemata dapat diamati dalam kehidupan sehari – hari contoh: cahaya lampu, sinar matahari dll.
d.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaranyang ingin dicapai.
e.       Guru menyampaikan kegiatan dan membagi peserta didik kedalam kelompok belajar perbangku.

2.      Langkah – langkah pembelajaran
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Ekplorasi
Guru menerangkan konsep energi, hubungan antara V dan I. Dan mendapatkan rumus energi.
Pada kegiatan ini siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru.
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik,  serta antara peserta didik dengan guru, dan sumber belajar lainnya.
Elaborasi
Guru Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, berupa contoh latihan soal.
Siswa mengerjakan soal latihan.
Guru Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
Konfirmasi
Guru bersama siswa membahas soal latihan, guru  meriview materi dan memberi penguatan.


3.      Kegiatan penutup
a.       Guru bersama peserta didik membuat ksimpulan tentang energi listrik.
b.      Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang kinerjanya baik berupa point.
c.       Guru memberikan post test berupa soal.
d.      Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu daya listrik.
G.    Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
Tehnik penilaian
Bentuk instrumen
3.4.1 Menjelaskan hubungan antara V,I dengan energi listrik yang digunakan.
Cognitif
Tes tulis uraian (terlampir)
Jember, 13 November 2014
Guru Pamong                                                                                  Praktikan


Yuni Fatmawati, S.Pd                                                                    NURHARYANTI
NBM. 1.029.451                                                                            NIM. 1110211019
Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember


Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350

Tidak ada komentar:

Posting Komentar