Nama
Sekolah : SMP Muhammadiya 1
Jember
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas
/ semester : IX E/ Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Hari
/ tanggal : Rabu, 29 Oktober 2014
Pengajar : NURHARYANTI
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya
listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehar- hari.
|
3.4.2
Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik dan satuannya
(kWh dan joule).
|
B.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
a.
Menjelaskan pengertian daya listrik.
b. Menjelaskan hubungan
antara daya listrik dan energi listrik.
c. Menjelaskan
langkah-langkah untuk menentukan energi listrik
dalam satuan kWh.
dalam satuan kWh.
C.
Materi Pembelajaran
1.
Energi
Energi
adalah kemampuan melakukan kerja. Disebut demikian karena setiap kerja yang
dilakukan sekecil apapun dan seringan apapun tetap membutuhkan energi.Hukum
Termodinamika I menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau
dimusnahkan, tetapi energi hanya dapat diubah dari 1 bentuk energi ke bentuk
energi yang lain
Apabila
kita menyalakan lampu terlalu lama maka lampu tersebut akan menjadi panas. Hal
itu terjadi karena adanya energi listrik yang diubah menjadi energi kalor. Apabila ada kabel yang
terhubung dengan lampu tetapi tidak ada baterai maka lampu tidak akan menyala.
Hal itu berarti bahwa tidak akan ada energi listrik apabila tidak ada beda
potensial dan muatan yang mengalir. Maka hubungan antara energi, beda potensial
dan besar muatan dapat dituliskan dalam rumus berikut :
|
|
Sehingga di dapatkan rumus ...................
rumus 2
|
i
dapat dicari dengan menggunakan rumus i = sehingga rumus energi diatas dapat ditulis
menjadi W = . R . . t à . R . . t à W = t
2.
Daya
Daya adalah besarnya suatu energi yang digunakan
dalam setiap satuan waktu. Untuk mengetahui daya berbagai peralatan listrik
salah satu caranya yaitu dengan melihat label yang tertera pada peralatan
listrik tersebut. Label tersebut memuat beda potensial yang diperlukan serta
daya yang dihasilkan.
Daya listrik juga dapat dihitung menggunakan rumus.
Ada beberapa rumus untuk mengetahui daya yaitu :
|
................................. Rumus
1
|
|
|
P = ( ) . t sehingga
di dapatkan rumus ............. Rumus 4
Satuan daya dalam SI adalah Watt. Tetapi pada
meteran listrik yang ada pada rumah-rumah warga satuan daya listrik menggunakan
kWh (kilo watt jam), sehingga alat tersebut dinamakan kWh meter. Konversi dari
satuan daya listrik yaitu sebagai berikut :
D.
Pendekatan / strategi / metode
pembelajaran
Pendekatan : Konsep
Metode : Diskusi
, Ceramah
E.
Media / alat dan sumber belajar
1.
Media
Hand Out
2.
Alat dan bahan
Papan tulis, LKS , Buku
paket
3.
Sumber belajar
a. LKS
b. Sudibyo
elok, dkk.2008. Ilmu Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakatra.
Kemendikbud
F.
Langkah – langkah pembelajaran
1. Pendahuluan
(10 menitt)
a. Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik.
b. Guru
memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem
indra. Masih ingatkah kalian proses melihat ?
c. Guru
memberi motivasi siswa bahwa sinar atau cahaya yang masuk kemata dapat diamati
dalam kehidupan sehari – hari contoh: cahaya lampu, sinar matahari dll.
d. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaranyang ingin dicapai.
e. Guru
menyampaikan kegiatan dan membagi peserta didik kedalam kelompok belajar
perbangku.
2. Langkah
– langkah pembelajaran
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Ekplorasi
|
Guru menerangkan
konsep energi, hubungan antara V dan I. Dan mendapatkan rumus energi.
Pada
kegiatan ini siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru.
Guru memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik,
serta antara peserta didik dengan guru, dan sumber belajar lainnya.
|
Elaborasi
|
Guru Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, berupa contoh latihan soal.
Siswa mengerjakan soal latihan.
Guru Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
|
Konfirmasi
|
Guru bersama siswa membahas soal latihan, guru meriview materi dan memberi penguatan.
|
3.
Kegiatan penutup
a. Guru
bersama peserta didik membuat ksimpulan tentang energi listrik.
b. Guru
memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang kinerjanya baik berupa
point.
c. Guru
memberikan post test berupa soal.
d. Guru
memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu daya listrik.
G.
Penilaian
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Tehnik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
3.4.1
Menjelaskan hubungan antara V,I dengan energi listrik yang digunakan.
|
Cognitif
|
Tes tulis uraian (terlampir)
|
Jember, 13 November 2014
Guru Pamong Praktikan
Yuni
Fatmawati, S.Pd NURHARYANTI
NBM.
1.029.451 NIM.
1110211019
Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember
Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350
Tidak ada komentar:
Posting Komentar