Selasa, 02 Desember 2014

RPP ADAPTASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : SMP Muhammadiyah 1 Jember
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester          : IX E/ Ganjil
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
Hari / tanggal              : Kamis, 27 November 2014
Pengajar                      : NURHARYANTI

A.    Standar Kompetensi
2. Memahami kelangsungan hidup mahluk hidup
B.     Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi kelangsunagn hidup mahluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.
C.      Indikator.
2.1.1Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup.
ü  Karakter yang diharapkan :Disiplin (Discipline)
Rasa hormat dan perhatian (respect)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menyebutkan jenis – jenis adaptasi
2.      Peserta didik dapat menbedakan jenis – jenis adaptasi.
3.      Peserta didik dapat menyebutkan adaptasi pada hewan , tumbuhan dan manusia.


E.     Materi Pembelajaran
1.      Definisi adaptasi.
Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk mempertahankan hidup. Organisme yang beradaptasi akan bertahan hidup, sedangkan yang tidak bisa beradaptasi akan menghadi kepunahan atau kelangkaan jenis.
2.      Jenis – jenis adaptasi
a.       Adaptasi fisiologi
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian diri mahluk melalui fungsi kerja organ – organ tubuh supaya bisa bertahan disup. Adaptasi ini berlangsung didalam tubuh sehingga sulit untuk diamati.
Contoh adaptasi fisiologi :
-          Kelenjar bau pada musang.
-          Burung hantu memiliki penglihatan yang sangat tajam.
-          Ikan yang berada dilaut mengeluarkan urine yang lebih pekat dari pada ikan yang ada di air tawar.
-          Unta memiliki kantung air di punaknya sehingga dapat bertahan digurun pasir.
b.      Adaptasi morfologi
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian mahluk hidup melalui perubahan bentuk organ. Adaptasi ini sangat mudah dikenali dan mudah diamati kerena tampak dari luar. Contoh adaptasi morfologi :
-          Bentuk paruh burung yang menyesuaikan dengan jenis makanannya.
-          Bentuk kaki atau cakar yang untuk menyesuaikan berdasarkan fungsi.
-          Jenis tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya tanaman xerofit hidup ditempat yang kering contohnya kaktus dan kurma, tanaman higrofit yaitu tanaman yang hidup ditempat lembab contohnya lumut dan jenis paku – pakuan , dan tanaman hidrofit adlah tanaman yang hidup didaerah basah atau berair misalnya eceng gondok, teratai.
c.       Adaptasi tingkah laku
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan mengubah tingkah laku supaya dapat mempertahan kan kelangsungan hidupnya. Contoh adaptasi tigkah laku :
-          Perubahan warna pada bunglon merupakan bentuk penyesuaian diri agar ia terlindung dari musuhnya. Perubahan warna kulit yang dilakukan oleh bunglon dinamakan mimikri.
-          Cumu – cumi melindungi diri dari musuhnya dengan cara menyemburkan cairan seperti tinta kedalam air. Hal ini menyebabkan musuh yang menyerangnya tidak lagi melihatnya.
-          Siput melindungi musuhnya dengan cara memasukan tubuhnya kedalam cangkang. Selain siput, kura – kura dan penyu juga meiliki cangkang yang digunakan untuk melindungi diri dari musuhnya.

F.      Pendekatan / strategi / metode pembelajaran
Pendekatan     : Kontekstual
Model              : Puzzle horay
Metode            : Diskusi

G.    Media /  alat dan sumber belajar
1.      Media
Tumbuhan xerofit (kaktus )
Tumbuhan hidrofit ( kangkung)
2.      Alat dan bahan
Papan tulis, LKS , Buku paket
3.      Sumber belajar
a.       LKS
b.      Sudibyo elok, dkk.2008. Ilmu Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakarta. Kemendikbud
H.    Langkah – langkah pembelajaran
1.      Pendahuluan (10 menit)
a.       Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b.      Guru memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang sistem indra. Masih ingatkah kalian proses melihat ?
c.       Guru memberi motivasi siswa bahwa sinar atau cahaya yang masuk kemata merupakan salah satu contoh penyesuain pupil mata terhadap cahaya.
d.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
e.       Guru menyampaikan kegiatan dan membagi peserta didik kedalam kelompok 4 – 5 orang.
2.      Kegiatan inti
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Ekplorasi
Guru menerangkan materi kelangsungan hidup mahluk hidup melalui adaptasi berdasar bacaan.
Pada kegiatan ini siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru.
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik,  serta antara peserta didik dengan guru, dan sumber belajar lainnya.
Elaborasi
Guru Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian LKS, berupa menyusun puzzle dan soal diskusi.
Siswa mengerjakan LKS .
Guru Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Siswa yang dapat menyelesaikan LKS dalam penyusunan puzzle dengan cepat diberi kesempatan untuk mempresentasikan didepan kelas.
Konfirmasi
Guru bersama siswa membahas LKS, guru  meriview materi dan memberi penguatan. Bagi kelompok yang presentasi dan menjawab soal diskusi dengan benar diperbolehkan menunjukan yel horey nya.

3.      Kegiatan penutup
a.       Guru bersama peserta didik membuat ksimpulan tentang adaptasi menggunakan mind map.
b.      Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang kinerjanya baik berupa point.
c.       Guru memberikan post test berupa soal.
d.      Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu seleksi alam.
I.       Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
Tehnik penilaian
Bentuk instrumen
2.1.1 Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup.
Cognitif
Tes tulis uraian (terlampir)
Jember, 27 November 2014
Guru Pamong                                                                          Praktikan

           
Yuni Fatmawati, S.Pd                                                                        NURHARYANTI
   NBM. 1.029.451                                                                  NIM. 1110211019

Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember


Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350


Tidak ada komentar:

Posting Komentar