Nama
Sekolah : SMP Muhammadiya 1
Jember
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Hari
/ tanggal : Rabu, 19 November 2014
Pengajar : NURHARYANTI
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya
listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehar- hari.
|
3.4.3
Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan
listrik rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter.
|
B.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Mengetahui tarif dasar listrik.
2. Menghitung biaya listrik dalam 1 bulan
3. Mengetahui konversi energ listrik
Peserta didik dapat:
1. Mengetahui tarif dasar listrik.
2. Menghitung biaya listrik dalam 1 bulan
3. Mengetahui konversi energ listrik
C.
Materi Pembelajaran
1.
Kesetaraan satuan energi
listrik (kWh) dengan joule
1 kWh = 1 killlo watt jam
1 kWh = 1000 watt jam
1 kWh = 1000 watt x 3600 detik
1 kWh = 3.600.000 watt detik
1 kWh = 3.600.000 joule
1 kWh = 1 meter listrik
2.
Besarnya energi yang
digunakan oleh pelanggan dapat dihitung dengan menggunakan cara :
a.
Melihat stand angka yang
tertera pada meteran listrik. Jika pada tanggal 10 maret menunjukan angka 2075
dan pada tanggal 10 april menunjukan angka 2250 maka, dapat dihitung dengan
langsung melihat angka yang tertera.
Jadi
Stand awal : 2075 kWh
Stand akhir : 2250
Maka stand akhir – stand
awal = energi yang digunkan dalam 1 bulan
b.
Selain diukur dengan kWh
meter energi listrik yang digunakan pelanggan dapat dihitung dengan persamaan:
W =
Keterangan : W = energi listrik yang dipaki dalam 1
bulan (kWh)
n = jumlah alat listrik yang berdaya
sama
P = daya listrik ( wattP
t =
waktu ( jam )
∑hari =
jumlah hari selama 1 bulan
D.
Pendekatan / strategi / metode
pembelajaran
Pendekatan : Konsep
Metode : Diskusi
, Ceramah
E.
Media / alat dan sumber belajar
1.
Media
LKS
2.
Alat dan bahan
Papan tulis, LKS , Buku
paket
3.
Sumber belajar
a. LKS
b. Sudibyo
elok, dkk.2008. Ilmu Pengetauan Alam untuk SMP/Mts kelas IX. Jakatra.
Kemendikbud
F.
Langkah – langkah pembelajaran
1. Pendahuluan
(10 menitt)
a. Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik.
b. Guru
memberi apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang daya listrik.
Masih ingatkah kalian cara menghitung daya listrik ?
c. Guru
memberi motivasi siswa bahwa daya listrik akan menghasilkan energi yang akan
dibayarkan dalam tagihan listrik selama 1 bulan.
d. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaranyang ingin dicapai.
e. Guru
menyampaikan kegiatan dan membagi peserta didik kedalam kelompok belajar perbangku.
2. Langkah
– langkah pembelajaran
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Ekplorasi
|
Guru menerangkan
konsep energi, hubungan antara energi dan daya listrik. Dan mendapatkan rumus
menghitung jumlah energi yang digunakan dalam satuan kWh.
Pada
kegiatan ini siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru.
Guru memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik,
serta antara peserta didik dengan guru, dan sumber belajar lainnya.
|
Elaborasi
|
Guru Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, berupa contoh latihan soal.
Siswa mengerjakan soal latihan.
Guru Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
|
Konfirmasi
|
Guru bersama siswa membahas soal latihan, guru meriview materi dan memberi penguatan serta
mengajak siswa untuk menyebutkan konversi yang terjadi pada setiap alat
listrik.
|
3.
Kegiatan penutup
a. Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang energi listrik.
b. Guru
memberikan penghargaan bagi siswa yang berani maju kedepan untuk mejawab contoh
soal.
c. Guru
memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya.
G.
Penilaian
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Tehnik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
3.4.1
Menjelaskan hubungan antara V,I dengan energi listrik yang digunakan.
|
Cognitif
|
Tes tulis uraian (terlampir)
|
Jember, 13 November 2014
Guru Pamong Praktikan
Yuni
Fatmawati, S.Pd NURHARYANTI
NBM.
1.029.451 NIM.
1110211019
Mengetahui
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jember
Nanik Susmaningsih,S.Pd
NBM. 592 350
Tidak ada komentar:
Posting Komentar